Curug, 6 Juni 2021, Bertempat di ruang rapat Kwartir Cabang Kab. Tangerang, Kwarran Legok diwakili oleh kak Lomri menghadiri kegiatan pendataan anggota Pramuka berbasis Aplikasi. Aplikasi tersebut dikenal dengan nama SIAP merupakan singkatan dari Sistem Informasi Anggota Pramuka. Kegiatan ini dilaksanakan karena aplikasi yang sudah disiapkan oleh kwarcab tersebut sejak 2015 dirasakan masih belum dimanfaatkan maksimal oleh Kwartir Ranting. Aplikasi tersebut selain sebagai media pembuatan Kartu Tanda Anggota Pramuka juga dapat dimanfaatkan oleh Kwarran untuk pendataan potensi di masing-masing Kwarran.

Kak Dipi selaku Staff Kwartir Cabang Tangerang menyampaikan bahwa data potensi Pramuka yang selama ini dilaporkan banyak sekali data yang tidak valid, hal tersebut karena pihak Gugusdepan melaporkan peserta didiknya di sekolah secara keseluruhan. Dalam pemaparannya seharusnya peserta didik yang dilaporkan dalam data potensi adalah peserta didik yang mengikuti kegiatan Kepramukaan secara sukarela dan bukan karena diwajibkan oleh sekolah karena ekstrakurikuler wajib. Kak Ariyanto Andalan Cabang Urusan T/D Putera menambahkan bahwa pelaporan data potensi tersebut berjenjang dimana Gugusdepan melaporkan kepada Kwarran dan Kwarcab selama 2 kali dalam setahun dimana dimulai sejak oktober setelah peserta didik dikukuhkan sebagai anggota Pramuka di Gugusdepannya.

Ilustrasi KTA Pramuka (Canva)

Pendataan anggota Pramuka dilakukan oleh masing-masing Kwarran yang berhubungan langsung dengan Gugusdepan. Sebagai langkah awal Kwarcab meminta masing-masing Kwarran untuk membuat KTA tersebut sebagai motivasi untuk Gugusdepan di wilayahnya. Setelah pertemuan ini Sekretaris Kwarcab Tangerang Kak Dadang Sudrajat berpesan agar segera dibentuk tim yang mengurus pendataan dan pengelolaan aplikasi SIAP tersebut yang rencananya diberi nama Tim Pengelola SIAP.

Diakhir kegiatan Kak Dadang Sudrajat menyampaikan bahwa Aplikasi ini agar dimanfaatkan sebagai rujukan untuk melaksanakan kegiatan Kepramukaan. Beliau juga menyampaikan bahwa pengajuan dan pendataan Calon Pramuka Garuda diserahkan kepada Kwartir Ranting masiing-masing. (HJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *